Latest News

Rumah Makan: ALAM BARU INDAH, mempertahankan rasa khas masakan padang.

     BOY PASKAND Bagindo
 Bicara tentang khas kulinaer masakan padang memang menarik untuk di perbincangkan. Kenapa tidak??, Masakan padang semakin di kenal tak hanya ditanah air, tapi juga di seluruh dunia. tak mengherankan kalau baru-baru ini malaysia mencaplok hak paten 'rendang sebagai khas masakan negerinya'. padahal siapapun tau kalau rendang adalah khas leluhur milik suku minangkabAu di bumi sumatera barat.
pada saat ini restoran padang tak hanya menyajikan masakan khas padang saja, akan tetapi juga menyediakan menu dari berbagai masakan masakan nusantara yg sudah divariasikan dengan bumbu khas padang.           
dalam catatan perjalanan saya kekota pekanbaru kali ini,  saya melihat begitu banyak berjejeran restoran padang dan rumah makan ampera padang yg begitu ramai di kunjungi di kota ini. dan yg paling mengejutkan, apabila di kota2 lain anda makan di restoran padang seporsi sekitar 12-15 ribu, tapi di kota pekanbaru ini banyak rumah makan padang yg menawarkan harga perporsinya cuman 6000 an..., !!
                
 Akan tetapi hal itu tak terlalu berpengaruh dengan restoran padang yg menjual nasi seporsinya 10-12 ribu. seperti rumah makan alam baru yg saya kunjungi kali ini. 'rumah makan alam baru indah'  yg di kelola oleh seorang perantau asal sei ibur , sei sarik-pariaman ini yg lebih akrab di paggil 'ajo akir', beliau menuturkan,  menjamurnya ampera nasi padang 6 ribuan tak mempengaruhi daya beli di tempatnya..
                     "tak berpengaruh sama sekali, karna kami mempertahankan rasa racikan sesuai selera khas padang.., pabila banting harga ke enam ribuan, berrarti semua bumbu harus di kurangi agar tak tekor, akibatnya rasapun kurang mantap. memang sebagian orang suka makan yg murah meriah, yg penting kenyang, tapi banyak juga yg mementingkan rasa ketimbang harga, bukankankah rasa itulah yg membuat masakan padang terkenal kemana-mana??". jelas 'ajo akir' sembari balik bertanya.
                    
 Apa yg di tuturkan ajo akir tersebut tak berlebihan, selama ini masakan padang dikenal dengan racikan bumbu nya yg khas. bahkan baru2 ini ada sebuah penelitian oleh mahasiswa eropa yg datang langsung ke tanah air untuk memastikan apakah di asia masakan ala barat di gemari masyarakat, hasilnya ternyata sangat mengejutkan, khusus di indonesia masakan padang berada di urutan pertama yg paling diminati masyarakat luas ditanah air.
                      "karna itulah, kami tak pernah banting harga,." lanjut ajo akir." yg penting rasa.. pelanggan tak pernah mengeluh masalah harga di tempat kami.."
                      meskipun begitu, RM. ALAM BARU INDAH Juga tak mematokan harga terlalu tinggi untuk menikmati rasa yg lezat ini, perporsinya hanya sepuluh ribuan.
                         
Ternyata kelezatan khas masakan padang di rumah makan alam baru indah ini bukan sekedar isapan jempol, ketika saya memesan seporsi nasi dengan lauk pauknya 'ayam rendang padang', wuiih... mantap bukan main., pas dilidah, pas dirasa.. hingga saya nambah satu piring lagi.
                          "ini adalah salah satu menu spesial di tempat kami,, paling di gemari..." kata 'juli', salah seorang karyawan sekaligus adik ipar ajo akir sang big bos restoran ini.

Selain rendang ayam, ada menu khas rumah makan  ALAM BARU INDAH ini yg paling di gemari..!!  apa saja??
                              "Cincang ayam, cincang daging, gulai ikan patin, adalah yang paling laris disini.." uujar 'bang buyung' yg juga karyawan lama di alam baru indah ini.
                   
                   Anda penasaran ingin mencoba menu khas masakan padang di tempat ini?, so.. silahkan kunjungi langsung tempatnya:
                  
                    RM. ALAM BARU INDAH
                    alamat: JL. H. Imam Munandar, No. 56, Pekanbaru 
                    (dekat taman wisata 'alam mayang'}
                    tlp: 085272847111
                  
                    pimpinan: AKIRMAN (ajo akir)>


PENULIS: BOY PASKAND

SAKATO NET Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.